Cara Screenshot Samsung Galaxy A04s, bisa panjang dan Tanpa Tombol

Samsung baru saja menghadirkan ponsel kelas entry-level di keluarga seri A mereka, yakni Samsung Galaxy A04s. Ponsel ini memiliki layar jernih berteknologi HD+ seluas 6,5 inci dengan tipe IPS LCD yang mendukung tingkatan rate 90 Hz. Di sektor dapur pacu, Samsung Galaxy A04s menggunakan chipset Exynos 850 yang di padukan RAM 4GB + 64G dengan menjalankan sistem Android 12 dan antarmuka One UI 4 Core. 

Di sisi lain, Galaxy A04s mengusung triple kamera belakang dengan lensa utama 50MP, mendukung teknologi dolby atmos, fingerprint di samping, baterai 5000 mAh, port USB Type-C, dan fitur lainnya termasuk fitur yang kita bahas, yaitu tangkapan layar atau screenshot.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A04s

Sama dengan seri pendahu atau seri lainnya, Galaxy A04s memiliki fitur screenshot dengan 3 moteode bawaan yang bisa di lakukan, baik itu menggunakan tombol fisik maupun tanpa tombol. Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut.

Dengan Panel Edge

Tahu gak, ponsel Samsung Galaxy A04s ini bisa lho mengambil screenshot lewat Panel Edge. Dengan menggunakan metode ini, kamu tidak perlu menekan tombol fisik yang di samping . Panel Edge sendiri adalah menu pintasan cepat yang terdapat beberapa item penting untuk memudahkan pengguna mengaksesnya. Menu pintasan ini berupa garis pendek warna putih yang terletak di pinggir layar yang biasanya berada di sebelah kanan waktu pertama kali di aktifkan. Kamu juga dapat memindahkan panel edge dengan cara di tahan lalu geser ke posisi yang di inginkan.

  1. Pergi ke Pengaturan > Tampilan.
  2. Berikutnya pilih Panel Edge lalu aktifkan, setelah itu dibagian Panel pilih hanya Tugas.
  3. Untuk mengambil screenshot, cari area layar yang akan di tangkap.
  4. Selanjutnya tarik panel edge ke dalam layar.
  5. Pilih opsi Ambil gambar layar.
  6. Jika berhasil, layar akan berkedip dan menampil pratinjau screenshot untuk di edit, berbagi, atau menghapusnya.
Panel Edge Samsung A04s

Dengan Menu Asisten

Samsung Galaxy A04s memiliki widget melayang di sisi layar yang disebut Menu asisten. Menu asisten terdapat beberapa pintasan seperti tombol virtual recent app, home, back, volume, panel notifikasi, cubit layar, dan lain sebagainya termasuk opsi screenshot.

  1. Pergi ke Pengaturan > Aksesibilitas.
  2. Berikutnya pilih Interaksi dan kecekatan.
  3. Setelah itu, aktifkan opsi Menu asisten untuk menampilkannya.
  4. Untuk mengambil screenshot, cari area layar yang akan di tangkap.
  5. Buka menu asisten, lalu pilih opsi Gambar layar.
  6. Layar berkedip yang menandakan screenshot berhasil di ambil.
Menu Asisten Samsung A04s

Dengan Tombol

Seperti kebanyakan ponsel menggunakan tombol fisik untuk mengambil screenshot, Samsung Galaxy A04s juga mendukung metode ini. Ini salah satu cara tradisional dari dulu hingga sekarang tetap digunakan oleh pengguna ponsel.

  1. Cari halaman layar akan di screenshot.
  2. Tekan tombol volume down dan tombol daya di saat bersamaan.
  3. Lepaskan jika layar berkedip yang menampil pratinjau screenshot.

Screenshot Panjang

Screenshot panjang bisa di ambil dengan metode panel edge, menu asisten dan tombol fisik dengan mencari area layar yang bisa di gulir.

  1. Cari halaman yang bisa di gulir.
  2. Silakan ambil screenshot dengan 3 metode di atas.
  3. Setelah itu, pratinjau screenshot akan tampil dalam 3 detik dan pilih opsi pengguliran di bilah alat gambar.
  4. ketuk beberapa kali sesuai keinginan untuk memperpanjang screenshot.

Jika tidak tersedia opsi pengguliran di bilah alat gambar padahal sudah memilih halaman bisa di gulir, kamu perlu mengaktifkannya agar ia tampil, untuk caranya,

  • Masuk ke Pengaturan
  • Pilih Fitur lanjutan
  • Pilih Gambar layar
  • Aktifkan opsi Tampilkan bilat alat setelah merekam

Cukup mudah, bukan? Jika ingin melihat dimana tersimpan screenshot tadi, kamu bisa buka aplikasi Galeri > Album > Gambar layar atau Google Foto, bisa juga di File saya > Gambar, atau Penyimpanan internal > DCIM > Screenshots.

Kesimpulan

Dengan menggunakan 3 metode di atas, kamu tidak perlu sama sekali menginstal aplikasi tambahan karena Samsung Galaxy A04s sudah memiliki metode bawaan yang tentu lebih mudah dan praktis.

Demikian, itulah cara mengambil screenshot atau tangkap layar di HP Samsung Galaxy A03s yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar