3 Cara Ganti Password Gmail Dengan Mudah Tanpa Ribet!

Kamu mungkin mengetahui pentingnya panduan cara ganti password Gmail yang akan dibahas kali ini, bukan? Sebab, seringkali kita lupa akan password Gmail tersebut. Apalagi, Gmail merupakan salah satu jenis surat elektronik yang sekarang banyak digunakan banyak orang terutama untuk pekerjaan dan bisnis.

Bayangkan saja kamu tidak bisa mengakses akun Google yang terhubung dengan banyak hal penting seperti bisnis lewat perangkat Android ataupun di iPhone kamu. Pasti akan sangat menyulitkan, bukan? Untuk menyiasati lupa password inilah mengapa kali ini kita akan membahas cara ganti password Gmail tanpa ribet tersebut.

Jangan khawatir, kamu tidak melulu harus mereset password Gmail di PC kok! Kamu juga bisa menggantinya di HP jika memang tidak bisa mengakses Laptop maupun PC. Sebab akun Google dan Gmail ini mudah terhubung di iPhone ataupun di Android. Tanpa basa-basi lagi, yuk kita masuk tentang pembahasan bagaimana caranya di bawah ini.

Cara Ganti Password Gmail Lewat Android

Jika kamu ingin menggunakan perangkat Android kamu untuk langsung mengganti password Gmail yang lupa, maka kamu bisa melihat panduan berikut ini. Uniknya lagi, mengganti password Gmail lewat Android juga tergolong mudah. Sebab, kamu pasti terhubung langsung dengan Gmail dan akun Google di ponselmu, kan? Caranya adalah:

  • Buka aplikasi Gmail di HP kamu dan pilih ikon garis tiga di bagian kiri atas dan klik Setting.ganti password gmail yang lupa
  • Setelah menu Setting terbuka maka klik nama akun Gmail yang akan kamu rubah passwordnya. Kemudian pilih Account>Manage Your Google Account>Personal Information>password. Setelah itu tampian layar akan berubah seperti gambar di bawah inicara ganti email di android
  • Setelah menu Password terbuka maka kamu akan diarahkan untuk menuliskan password akun Google yang kamu gunakan, kemudian klik
  • Maka kamu akan diarahkan untuk mengganti password dengan mengisinya di kolom yang disediakan. Pilihlah jenis password yang kuat (terdiri dari kombinasi angka, huruf kapital, huruf kecil dan simbol jika ingin password yang kuat dan tidak mudah dibobol).
  • Klik tombol Ubah Sandi agar sandi Gmail terbaru kamu tersimpan.

Cara Ganti Password Gmail Lewat PC

Cara berikutnya yang akan kita bahas adalah cara ganti password Gmail lewat PC. Sebenarnya, cara yang akan kamu lakukan tergolong sama dengan reset password di HP. Hanya saja kali ini tidak langsung dengan aplikasi Gmail, caranya adalah:

  • Buka salah satu browser yang kamu sukai, misalnya saja menggunakan Google Chrome dan buka halaman https://myaccount.google.com
  • Kemudian masukkan password dan username dari akun Google milikmu tersebutganti password gmail lewat PC
  • Pilih menu Keamanan >Login ke Google dan kamu harus sekali lagi mengisi sandi dan username. Hal ini dilakukan pihak Google agar memastikan kamu benar-benar pemilik akun Google tersebut dan bukan tindakan penipuan.Ganti password gmail dari laptop
  • Masukkan sandi baru dan ulangi jika perlu pilihlah sandi yang kuat. Kemudian simpanlah sandi tersebut.

Tips Membuat Password Gmail Baru

tipas ganti password supaya aman

Nah, setelah kamu mengetahui cara ganti password Gmail kamu juga harus tahu bagaimana tips membuat password baru. Kenapa? Agar tidak mudah lupa. Atau parahnya lagi, agar akun Gmail kamu tidak mudah diretas oleh tangan-tangan jahil yang bisa mencuri data-data penting. Tipsnya adalah:

  • Jangan pernah menggunakan informasi pribadi kamu sebagai password, misalnya tanggal dan tahun lahir. Ini sangat mudah ditebak, loh! Atau mungkin nama panjang dan nama panggilan. Pokoknya data pribadi jangan digunakan sebagai password apapun termasuk untuk akun Google.
  • Gunakan simbol yang unik di tengah, di bagian awal maupun di akhir password agar sulit ditebak oleh orang lain.
  • Pakailah password yang lebih panjang, misalnya terdiri dari 6 hingga 12 karakter. Semakin panjang maka kemungkinan untuk ditebak dan dibobol semakin sedikit. Tapi jangan lupa untuk mengingat atau mencatatnya di buku harian kamu agar tidak mudah lupa.
  • Kombinasikan huruf dan angka hingga menghasilkan password yang kuat, unik dan sulit ditebak oleh siapapun kecuali dirimu.

Tips Mengamankan Akun Gmail

mengamankan password agar tidak lupa

Tidak hanya cukup dengan mengetahui cara ganti password Gmail saja agar akun Google kamu aman dan tidak mudah disalahgunakan. Kamu juga harus mengetahui bagaimana cara mengamankan akun Gmail tersebut dengan cara:

  1. Ubah Sandi

Ketahui cara ganti password Gmail agar suatu saat kamu bisa menggantinya jika terdeteksi ada aktivitas mencurigakan. Gunakan password yang kuat dan unik seperti yang telah kita bahas di poin sebelumnya.

Jangan sekali-kali menggunakan password yang biasa-biasa saja seperti menggunakan nama sendiri atau kombinasi nama dan tanggal lahir saja. Ini sangat mudah dibobol loh, percayalah!

  1. Lihat Aktivitas Mencurigakan

Pantau terus aktivitas login lewat akun Google milikmu. Kamu bisa melakukan pelacakan ini di PC maupun di HP. Yang jelas selalu lihat apakah kamu pernah login dengan perangkat yang tertera pada daftar login akun tersebut?

Cara memantaunya dengan mengklik menu Last Account Activity. Jika ada login dari perangkat mencurigakan langsung pilih logout dari semua perangkat dan langsung ganti password dengan yang lebih aman.

  1. Verifikasi 2 Langkah

Aktifkan layanan verifikasi 2 langkah agar akun kamu lebih aman dan terkendali dengan mudah. Kamu bisa mengaktifkan layanan two factor authentication dengan mengakses bagian kemanan dari akun Google. Cara ini juga sangat dianjurkan jika kamu menggunakan aplikasi Gmail di HP loh.

Artikel Menarik Lainnya :

Cara Berlangganan Netflix

Cara Edit Video di HP dan PC

Cara Membuka Situs yang Diblokir

Cara Mempercepat Koneksi Internet

 Akhir Kata

Sekian dari kami tentang cara ganti password Gmail yang mudah dan aman agar akun kamu tetap terjaga kerahasiaannya dan data-data kamu tidak mudah diretas. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan cara-cara di atas mulai dari bagaimana cara ganti password Gmail hingga cara agar akun Google tetap aman.

Jika kamu sudah menerapkan semua langkah-langkahnya, maka keamanan akun Google baik di HP maupun di PC pasti akan meningkat lebih tinggi. Selamat mencoba dan semoga informasi dari kami ini bermanfaat ya!

Leave a Comment